Rabu, 08 Januari 2014

Kamukah Khadijah Masa Kini



Assalamu’alaikum… 
Beberapa hari yang lalu aku ikut kajian “Kamukah Khadijah Masa Kini” tepatnya 3 Januari 2014 pk. 9 pagi di Auditorium Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta. Aku tau info tentang kajian ini dari twitter @JombloMulia & @FaziaHijab dari bulan Desember 2013. Adapun pembicara kajian ini adalah Febrianti Almeera @pewski, Oki Setiana Dewi @oki_setiana, Septi Peni Wulandari @septipw, dr. Andhyka Sedyawan @AmazingMentor, dan Meyda Sefira @SefiraMeyda.

Pendaftaran acara ini sudah dibuka sejak pk. 8, dan ternyata saat aku datang sudah ramai yang datang wah wah wah wah….eits ini acara khusus akhwat y. Jadi ya kebayang dong banyaknya akhwat yang berkumpul di ruangan itu. 

Pembicara pertama sekaligus sebagai MC acara ini adalah Febrianti Almeera @pewski, ternyata diliat langsung Teh Pew itu mungil, energik dan kocak ternyata :). Beberapa lagu dibawakan oleh Teh Pew mulai dari lagu galau dan juga lagu positif, *suaranya bagus. Lalu Teh Pew meminta para pencari ilmu untuk mengangkat hp masing-masing, lalu diminta Teh Pew menghapus lagu-lagu galau yang tadi dinyanyiin Teh Pew di hp saat itu juga. *untung di hp gak ada lagu-lagu galau yang tadi dinyanyiin :D,, hmm kayaknya bakal ada lagu-lagu yang bakal diganti aja dengan lagu-lagu laen yang memberikan aura positif. 

Lalu diputarlah video dimana dalam video tersebut ada perempuan kembar identik dimana 90% mereka sama, baik fisik hobi dan lain-lainnya. Lalu perempuan kembar ini dipisahkan dan ditempati dalam rumah yang berbeda, yang satu diberikan lagu, tontonan lucu dan bacaan yang berbau negatif dan satu lagi diberikan lagu, tontonan dan bacaan yang berbau positif. Lalu masing-masing saudara kembar diberikan sejumlah dana untuk berbelanja di mal yang berbeda, selanjutnya sore hari mereka dipertemukan. Setelah dipertemukan, perempuan yang diberikan hal-hal berbau positif hari itu maka banyak berbelanja dan mencoba warna-warna baru yang tidak biasanya, sedangkan perempuan yang diberikan hal-hal berbau negative maka tidak berbelanja dan mengeluhkan tidak ada barang bagus di mal tersebut. 

Adapun kesimpulan dari penelitian tersebuat adalah bahwa segala sesuatu yang kita lihat, kita dengar, kita baca tanpa kita sadari akan mempengaruhi diri kita. Naah bayangkan bila kita seringkali mengulang-ngulang hal beraura negatif itu dan damapaknya bagi diri kita. 

Teh Pew juga bercerita tentang hijrahnya dirinya sejak 2010, dulunya Teh Pew cheerleaders, modeling dance, penyiar radio dan itu adalah salah satu bekal hingga dapat menjadi MC seperti saat ini. *gak nyangka ternyata Teh Pew energik seperti itu gara-gara pengalaman hidupnya kayaknya :D.

Allah mengetuk pintu hambanya dengan jalan yang DIA sukai, kadang ada yang kita jalani adalah hal tidak kita sukai. Semua yang terjadi gak ada satupun yang kebetulan, semuanya sudah dirancang dengan indah oleh Allah. 

Hidup ada yang disebut life triangle yaitu :
1. Focus to Allah
Perjalanan dalam hidup ini kadang gak sesuai dengan kita, naah segala sesuatu yang gak sesuai dengan keinginan kita maka pikirkanlah dan carilah hikmah dari hal yang gak sesuai itu. Pasti Allah menyematkan hikmah dari kejadian itu.
Bayangkan saja perjalanan dalam hidup ini seperti bola basket, bila bola basket dipantulkan dengan pelan maka pantulannya rendah, lalu bila dipantulkan dengan agak keras maka pantulannya lumayan agak tinggi dibandingkan dengan dipantulkan dengan pelan, lalu bila dipantulkan dengan sangaaaat keras maka akan melambung tinggi sekali pantulannya. Perjalanan hidup ini seperti bola basket yang dipantulkan, jangan melihat dari “rasa sakit” saat dipantulkan maka lihatlah nanti hasil dari pantulan tersebut.
 2. Focus to Me
Dalam hidup ini orang-orang yang focus to me adalah orang-orang yang tau dirinya. Maksud dari orang-orang yang tau dirinya adalah orang yang tau dengan potensi yang ada pada dirinya dan mengenal dirinya dengan baik. Saat ini betapa banyaknya orang yang belum atau tidak tau dirinya, dia merasa dirinya seperti apa yang orang lain katakan tentang dirinya, dia merasa dirinya seperti yang lingkungannya katakan. 
Misalnya betapa banyaknya orang yang bilang “ah saya gak bisa ngomong di depan orang banyak”, gara-gara orang lain bilang kayaknya “kamu gak cocok klo ngomong di depan orang banyak”. Atau “saya gak bisa nulis”, hanya gara-gara kamu pernah menerbitkan sebuah buku. Serta banyak contoh lainnya dimana kita yakin dengan apa yang orang lain itu katakan tentang kita, bukan kita percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki. 
3. Focus to Others
Maknanya adalah ketika hati ini lapang maka siap menerima segala keberlimpahan yang Allah berikan. Coba hitung deh keberlimpahan yang Allah kasih hingga saat ini, sungguuuuuh banyak sekali dan sulit menghitung jumlah keberlimpahan yang telah diterima hingga saat ini. 

Dan pembicara berikutnya datang yaitu Oki Setiana Dewi @oki_setiana@oki_setiana, siapa yang tidak kenal dengan artis muslimah satu ini yang memerankan Anna Althafunnissa di Ketika Cinta Bertasbih. Hal yang dibahas pertama kali oleh Oki adalah tentang tujuan hidup manusia. 
 
Berikut tujuan hidup manusia tercantum dalam al-qur’an :
1. Mengabdi kepada Allah (Adz Dzariyat 51 : 56)
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”
2. Memenuhi perjanjian ruh (Al A’raf 7 : 172)
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)"
3. Menjadi khalifah (Al Baqarah 2 : 30)
"Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Rabb berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”
4. Mendapatkan ujian (Al Anbiya 21 : 35)
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”
5. Mempertanggungjawabkan perbuatan (Al Qiyamah 25 : 36)
“Apakah manusia mengira, dia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)”

Sabda Rasulullah adalah "Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita solehah"
Jawab ya : Siapa sih wanita solehah itu? Bagaimana sih wanita solehah itu?

Dahulu sebelum datang Islam, wanita adalah barang yang tidak bernilai, di bangsa Arab bila lahir seorang anak perempuan dalam suatu keluarga maka merah padam muka sang ayah saat mendengar kabar kelahiran tersebut dan anak perempuan tersebut dikubur hidup-hidup, di bangsa India bila suami meninggal maka sang istri yang masih hidup ikut mencemplungkan diri ke tumpukan api. Setelah kedatangan Islam, wanita adalah tiang negara atau masyarakat yang dapat menentukan keruntuhan atau kemajuan suatu negara atau masyarakat. Dan kini wanita kembali lagi seperti ke jaman sebelum datangnya Islam, mereka rela “menjual” dirinya baik dengan dibayar dengan uang atau dibayar dengan “pengakuan” bahkan “dibayar” dengan tatapan mata mereka yang terlarang. Wanita masa kini tergerus oleh modernisasi, westernisasi, feminisme. 

Bagaimana bila wanita sholat, zikir, puasa senin kamis dan hal-hal lain yang menambah pahala dilakukan namun tidak berhijab????
Ini ibaratnya seperti ember bocor, bila ember bocor diisi dengan air sebanyak apapun maka air yang sudah diisi tadi tidak ada artinya karena ember bocor itu akan kosong kembali nantinya.
Jadi maknanya, bila wanita yang mengerjakan sholat, zikir, puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh, dan hal-hal lain yang menambah pahala maka pahala-pahala yang dilakukan berguguran. Sayang sekali bila tabungan pahala tersebut berguguran.

Perintah tentang hijab sudah tercantum dalam al-qur’an surah Al Ahzab : 59 dan surah An Nuur : 31.
"Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin : "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[**] keseluruh tubuh mereka" yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al Ahzab : 59)
[**] Jilbab ialah sejenisbaju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala,muka dan dada.                    

"Katakanlah kepada wanitayang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS An Nuur : 31)

Kadang kita melihat seseorang  itu cantik awalnya lalu lama kelamaan setelah mengenal perempuan itu merasa biasa saja. Kadang pula melihat seseorang itu biasa saja awalnya namun lama kelamaan merasa perempuan itu sungguh cantik. Itulah bedanya cantik luar dan cantik dalam (yang biasa disebut inner beauty), saat ini untuk cantik luar tidak sulit bisa dilakukan dengan facial, make up dan lain-lain sedangkan inner beauty itu muncul karena proses. 

Allah lah yang menghijabi aib-aib kita dari pandangan orang lain sehingga orang lain melihat kebaikan atau keindahan kita, bayangkan bila Allah membuka aib-aib kita betapa hinanya kita. Siapa diantara kita yang tidak memiliki dosa seeeeedikit pun???

Cantik dimata manusia, belum tentu cantik di mata Allah. Cantik dimata Allah, insya Allah cantik di mata manusia. Karena semuanya Allah lah  yang mengindahkan pandangan manusia. 

Wanita berhijab itu belum tentu taat dan belum tentu solehah, namun wanita taat dan solehah tentu berhijab.
Belum tentu saat belajar berhijab langsung menggunakan hijab panjang, menutup dada, longgar dan tiap saat bertemu dengan orang lain yang bukan mahramnya menggunakan hijab. Berhijab dengan syar’i itu butuh proses dengan banyaknya tantangan dan pengetahuan yang  harus diisi. *aku pun masih belajar untuk lebih baik dalam berhijab :D.

Bila ada muslimah yang sedang belajar berhijab dan belum syar’i maka yang sudah paham tentang ini jangan menghujat atau membuat mereka takut, seharusnya yang sedang belajar itu dirangkul untuk menjadi lebih baik. 
Contohnya “klo pake hijab cuma ke kampus aja boleh gak?” sebaiknya dijawab dengan “Boleh kan masih belajar, nanti ditambah lagi ya selain di kampus pake hijab, jalan-jalan atau bertemu dengan non mahram pake hijab juga ya”. 
Contoh lainnya “ kok itu yang pake hijab gak sholat ya?” sebaiknya dijawab dengan “mungkin dia begitu karena dia belum paham kewajiban sholat dan hijab bagaimana, berbaik sangka aja ke dia”. 
Contoh lainnya yang tidak dikatakan “Ngapain buka tutup jilbab, mending gak usah peke jilbab”, “Ngapain pake hijab klo di socmed gak pake hijab” (kata-kata seperti ini sebaiknya tidak dikatakan, karena itu bisa membuat muslimah yang sedang belajar itu menjauh dari kebaikan). 
Segala sesuatu yang baik namun disampaikan dengan cara yang tidak atau kurang baik maka pesan yang ingin disampaikan dari sesuatu yang baik itu belum tentu diterima atau bisa jadi tidak diterima oleh orang lain.
 
Muslimah itu harus kuat spiritualnya, berilmu, berprestasi, menginspirasi serta berkontribusi oleh karena muslimah adalah penentu kemajuan atau kemunduran suatu masyarakat, negara serta suatu peradaban. 

Berikut syarat hijab muslimah adalah menutup seluruh badan selain yang dikecualikan, seperti muka dan telapak tangan, kain yang digunakan adalah yang tebal dan tidak tembus pandang, lapang dan tidak sempit (karena pakaian yang sempit dapat memperlihatkan bentuk tubuh seluruhnya atau sebagian), tidak menyerupai laki-laki, pakaian yang tidak mencolok (tidak ada punduk unta).

Dan sekaligus Oki minta didoakan supaya tanggal 12 Januari acara pernikahannya dilancarkan bila beliau adalah jodoh Oki. *Semoga dilancarkan acaranya dan menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, aamiin ya rabbal'alamin.

Jam sudah menunjukkan pukul 12 maka saatnya sholat dan makan ^__^. Sambil makan dan menunggu pembicara berikutnya beberapa lagu diputar diantaranya lagu @kang_abay :D. 

Eng..ing..eng.. pembicara berikutnya adalah Bunda Septi Peni Wulandari @septipw. Beliau adalah founder dari www.ibuprofesional.com dan jarimatika. Saat ini bunda Septi berdomisili di Salatiga, hmm…jauh-jauh dari Salatiga lalu memberikan “sesuatu banget” kepada peserta “Kamukah Khadijah Masa Kini”. 

Ternyata Bunda Septi ini penganut nikah muda lho :D, beliau menikah umur 20 tahun saat ini sudah memiliki 2 putri dan 1 putra. *gimana rasanya nikah umur 20 y? Zzzzz…aku udah lewat, hehe… Dulu Bunda Septi menikah muda karena keburu ada yang melamar di saat sudah memegang ijazah kelulusan dan sudah mendapatkan SK PNS, dan SK PNS terpaksa dilepas. Hal ini karena yang melamar (dibaca : suami saat ini) mau bila nanti punya anak maka yang mendidiknya adalah ibu anak-anaknya bukan orang lain sekalipun itu kakek neneknya. Pelepasan SK PNS ini menjadi salah satu kesedihan yang luar biasa oleh ibunda dari Bunda Septi. 

Menurut Bunda Septi, anak-anak yang dikirimkan itu adalah yang mendidik orang tua karena bila kita ingin anak-anak kita soleh/solehah maka orang tua akan belajar menjadi contoh soleh/solehah bagi anak-anak, inilah yang disebut secara tidak sadar anak-anak itu yang “mendidik” orang tua. Makna yang sama seperti yang sudah disampaikan oleh Oki, ibu adalah teladan yang luar biasa bagi anak-anaknya. Hayoooo…mau punya anak-anak soleh/solehah??  ^_^
 
Beliau sempat juga merasakan galau kalo kata anak jaman sekarang, “kayaknya enak jadi guru”, “kayaknya enak jadi karyawan bank, pake seragam bagus trus kerja di ruangan AC” karena Bunda melihat tetangga sekitar yang bekerja di luar rumah. Salah satu hal unik yang dilakukan Bunda Septi adalah latihan memberikan kartu nama, ya betul kartu nama yang berisi nama lengkap, jabatan, alamat tinggal, alamat e-mail dan no hp. Hal unik dari kartu nama itu adalah jabatan pada kartu nama itu adalah IBU RUMAH TANGGA PROFESIONAL, *terus terang aku cukup tergelitik dengan jabatan “Ibu Rumah Tangga PROFESIONAL”, rasanya itu jabatan yang sangat sangat berarti yang tidak bisa dibeli dengan apapun. Beliau dengan sengaja mendatangi kuliah ataupun seminar lalu memberikan kartu nama tersebut dan juga mengatakan bahwa ingin belajar yang berkaitan dengan rumah tangga, baik keuangan rumah tangga, management rumah tangga dan lain-lain. 

Berdasarkan permintaan oleh anak-anak dan telah disepakati, di rumah Bunda Septi tidak ada TV, *kebayang bila gak ada TV di rumah gimana saudara-saudara :D. Bunda Septi punya konsep belajar dengan bermain, karena bila bermain maka hati akan senang dan kreatifitas muncul adapun cara untuk belajar yaitu dengan jalan-jalan ke tempat-tempat yang dapat memberikan pelajaran, misalnya jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor di hari kerja. Ooh ya…anak-anak Bunda Septi ini dari umur 0 – 8 tahun bermain saja ke tempat orang lain untuk belajar sesuatu dengan gembira, lalu anak-anak ini harus sholat tepat waktu dan mengaji. Ternyata anak-anaknya gak pernah kenal dengan di sekolah formal lho. 

Anak bunda yang pertama dan perempuan sangat suka dengan kuda. Saat ini sedang di Singapura (karena ingin di tempat atau di negara dimana orang-orang tidak kenal dengan orang tuanya) sambil belajar tentang perkudaan, oleh karena di Singapura bayaran sewa kuda mahal maka anaknya menjadi tukang bersih kandang kuda supaya dia dapat gratis menunggang kuda. Salah satu cita-cita dari anak bunda yang pertama ini adalah  memiliki tempat menunggang kuda berbasis muslimah di Indonesia, rencananya nanti akan belajar di Belanda. 

Anak bunda yang kedua sangat suka dengan sapi dan kambing. Maka di rumah mereka memelihara sapi mulai dari anak sapi hingga sapi gede, alasan anak kedua ini ingin punya sapi di rumah supaya dapat minum susu tiap hari. 
Lalu anak bunda yang ketiga adalah laki-laki yang sangat suka dengan robot dari sampah, cita-citanya supaya bisa nanti anak-anak desa bisa main robot. 

Kreatifitas itu muncul dengan cara bermain karena bermain adalah salah satu hal yang menyenangkan. Apapun itu lebih mudah meniru gerakan daripada mengikuti kata-kata, maka jadilah contoh yang baik untuk anak-anak melalui tingkah polah orang tua. Anak-anak itu mencontoh apa-apa yang orang tua lakukan. Anak-anak itu jangan diajari menjawab, tapi biarkanlah anak-anak bertanya maka dengan bertanya kreatifitas itu selalu muncul, cobalah perhatikan anak TK mereka bertanya macam-macam dan menjawab dengan spontan.

Salah satu pesan dari Bunda Septi untuk para wanita harus mandiri secara finansial bukan berarti para wanita harus bekerja di luar rumah. Buatlah impian sepanjang hayat dengan setinggi-tingginya. 

Kata Teh Pew @pewski pembicara berikutnya dokter “murtad”, kenapa disebut dokter “murtad” karena bergelar dokter tapi gak pernah praktek dokter, punya bisnis macem-macem dan bisa jalan-jalan ke berbagai tempat. Harap maklum ya dokter satu ini ya rada-rada gila, kocak abis dan merasa paling ganteng di rumah apalagi di seminar ini :D. Beliau juga pembicara di SeminarAJS, mungkin ada yang ikut seminar AJS bulan September lalu?

Oooh ya aku belum bilang namanya ya beliau adalah dr. Andhyka Sedyawan @AmazingMentor, beliau dilahirkan dari keluarga dokter namun beliau udah lupa caranya nulis resep dokter :D. Pak Andhyka ini juga mendidik anak-anaknya sesuai passion, saat ini anak-anaknya bersekolah di sekolah alam. Bila semakin banyak uang maka semakin sedikit waktu yang dihabiskan bersama keluarga, ini berdasarkan pengalaman yang terjadi bersama orang tua beliau dan beliau tidak ingin nanti beliau seperti itu dengan anak-anaknya. 

Siapa yang tidak ingin seperti Khadijah, solehah, seorang ibu rumah tangga serta seorang pengusaha handal. *mau banget pastinya ^__^ berarti mau juga dengan jatuh bangun jadi pengusaha

Kali ini beliau menyampaikan 7I bila ingin menjadi pengusaha. Apa tuh 7I...??
1.  Innamal a'malu bin niyyat" yang artinya  “semua amal hanyalah tergantung pada niatnya”
Entrepreneurship is a thing value. Bila ingin menjadi pengusaha hanya semata-mata karena uang maka gak bakal lama deh. Coba renungkan kenapa sih pengen jadi pengusaha?
2. Impian
Impian-impian itu harus gede, jangan takut punya impian gede apapun itu asal impian positif ya J. Tulislah impian-impian itu dan bayangkanlah beberapa tahun lagi ingin apa, ingin seperti apa, ingin yang bagaimana.
3. Inisiatif
Menjadi pengusaha itu harus berinisiatif, jangan cuma begitu-begitu saja.
4. Investasi
Investasi itu banyak sekali diantaranya investasi waktu, uang, ilmu, silaturahim. Dan perbanyaklah investari dari leher ke atas alias ilmu, mulai dari baca buku, ikut seminar, belajar dari orang lain. Salah satu cara yang beliau terapkan yatu baca buku lalu stabile-in lalu ketik ulang lalu baca lagi dan dishare ke orang lain. Bila begini dilakukan maka informasi-informasi itu menempel di otak.
5. Ikhtiar
Alias usaha alias action, bukan hanya menunggu dan menunggu tapi semangat beraksi.
6. Ihdina sirotul mustaqim yang artinya “tunjukan jalan yang lurus”  
Dalam bisnis itu harus punya bisnis mentor supaya gak tersesat kemana-mana dan memangkas hal-hal yang tidak perlu saat menapaki tangga bisnis.
7. Iyyakana'budu waiyyakanasta'in artinya “Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”
Dalam bisnis itu pasti ada jatuh bangunnya, oleh karena itu harus siap untuk menerima jatuh bangunnya. Bila ingin menjadi milyuner maka ujiannya adalah milyuner juga. Maka segala ujian baik susah ataupun senang diadukan dan diserahkan kepada Allah. 


Jangan terlalu mengikuti kata-kata orang lain ataupun berusaha menyenangkan orang lain siapapun itu oleh karena bila ingin semua pihak menyenangkan maka itu adalah cara untuk gagal. Pilihlah sesuatu pilihan itu karena pilihan hati bukan karena mengikuti kata-kata orang lain atau supaya orang lain senang.

Wah..wah..udah pukul 3 sore ternyata, berikutnya adalah pembacaan puisi oleh Meyda Sefira @SefiraMeyda dan lagu yang dinyanyikan bersama dengan rekannya. Dan saatnya tiba grand launching produk terbaru mereka Fazia Hijab yaitu Gamis Aira dan Bergo Azura. 

#GLFazia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar