Senin, 19 Mei 2014

Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku

Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku - itu adalah judul salah satu buku yang sudah ku baca. 

Sebenernya sih gak sengaja beli buku ini tuh dan gak tau kalau ada buku kayak gini. Akhirnya nemu juga buku mendidik anak seperti buku ini, *suka banget.. :).

Ya Allah, Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku Awalnya karena mau nyari kado pernikahan sahabat, memang sudah berniat kasih kado buku tapi belum tau mau ngasih buku apa. Alhasil jalan ke toko buku dan mulai mencari-cari buku apa yang dirasa tepat. Setelah  beragam buku dilihat lalu tangan ini mencoba mengambil sampel buku ini. Terus terang pas baca judulnya cukup menarik ^__^. 

Mulailah membaca beberapa halaman sampel buku ini, sambil ngomong sendiri "bagus nih buat dipraktekin mendidik anak". Awalnya cuma buat kado sahabat, tapiiiii.. sayang juga ya kalau cuma sahabat aja, cuma sahabat yang bisa baca dan mungkin bisa mempraktekan isi buku ini. Aku juga mau baca dan praktekin isi buku ini :D. 

Udah beberapa minggu buku ini nongkrong di kamar dan belum dibaca karena masih ada buku-buku lain yang masih ku baca. 

Buku ini buku praktek karena kejadian yang diceritakan itu adalah kejadian yang terjadi di kehidupan sehari-hari bersama anak, *walau belum punya anak, tapi sering merhatiin sepupu, ponakan atau anak orang lain :D. 



Pernah menghadapi atau melihat anak yang awalnya tidak menuruti perintah atau keinginan orang tua, namun dengan penyampaian yang cocok diterima logika sang anak maka anak dapat mengikuti perintah atau keinginan orang tua. 


Ada juga kisah anak yang suka jajan, dan orang tuanya tidak ingin sang anak jajan mainan dengan cara yang mudah. Gimana cara menyikapinya?? 

Saya rasa setiap orang tua berharap anak-anak bisa mencintai dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Nah ini salah satu tantangan bagi orang tua, hmm...kira-kira gimana ya menjawab tantangan ini. 

Mengenai tontonan yang biasa ditonton anak-anak juga dibahas dalam buku ini, gimana tontonan dapat ikut berperan dalam membentuk karakter anak-anak. 

Pernah minta maaf dengan anak atau mungkin anak pernah minta maaf dengan teman sebayanya, gimana caranya minta maaf ala anak kecil. Sudah tau caranya?? 

Pernah liat anak kecil yang tiba-tiba berubah, yang dulunya manis dan penurut namun berubah menjadi pemarah. Kalau demikian gimana menyikapinya ya? 

Pernah liat anak kecil suka dengan binatang atau mungkin suka memelihara binatang, ternyata itu baik lho untuk anak itu sendiri. 
**Sekalian mau cerita dulu juga waktu kecil suka pelihara binatang, walau cuma bantu ngerecokin dan bantu kasih makan, dulu suka kasih makan ikan cupang dan ayam. 

Banyak cerita yang menarik beserta tips dan solusi psikolog oleh Debby Qurniasasi. (Debby Qurniasasi itu aku gak tau yang mana orangnya :D). Ada cerita lucu juga saat membacanya, jadi senyum-senyum sendiri deh pas bacanya.

Diinfokan juga cara mendidik anak dalam al qur'an dan hadits, juga mendidik anak sejak dalam kandungan. *ayo para calon ibu/ibu dan para calon ayah/ayah yang belum tau cara mendidik anak sejak dalam kandungan. Pendidikan anak itu dimulai sejak dalam kandungan, bukan hanya sejak masa golden age
 
Baik ibu ataupun ayah harus saling bekerja sama dalam mendidik anak, bukan hanya tugas ibu karena mungkin Ibu lebih banyak di rumah atau diserahkan kepada pembantu yang di rumah. 
Hal-hal kecil yang kadang gak diperhatikan orang tua untuk anak-anaknya. Anak-anak itu mencopy paste apa saja yang dilakukan orang tua, hal-hal yang sengaja dilakukan ataupun hal-hal yang gak sengaja dilakukan. 


Bagi yang ingin memiliki anak-anak berkarakter baik dan soleh/solehah, buku ini dapat menjadi salah satu buku yang harus dibaca dan dipraktekkan ^___^.. 


**Semoga aku dan ayahnya anak-anak (yang sekarang ntah dimana) dapat menjadi sekolah terbaik untuk anak-anak kami nanti,  aamiin ya rabb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar