Senin, 09 September 2013

Peluk Cium dari Jauh


Hei.... ada yang ingat cerita waktu kecil….
Atau punya kenangan indah sewaktu kecil
Atau punya kenangan lucu yang masih diingat…

Aku mau cerita ya coz kenangan-kenangan ini sering sekali aku ingat,
bahkan kadang aku senyum – senyum sendiri kalo ingat hal - hal ini  :D


Dulu…waktu kecil ntah udah TK atau belum aku gak ingat tepatnya aku berumur berapa saat itu.

Bila tidur sering ditemani bapak atau ibu, dan tengah malam sering sekali kakiku masuk ke sela tempat tidur dengan dinding kamar, dan alhasil aku suka teriak nangis malam-malam karena kakiku gak bisa keluar dari sela itu. Mengganggu saja aku tu padahal orang tua ku sedang nyenyak tidur. Kalau dipikir – pikir sekarang, kakiku keciiiil banget kok bisa masuk ke sela sesempit itu. Maklum aku waktu kecil sangat krempeng kata orang. 


Bila pagi hari aku sering ikut olahraga ringan di depan rumah atau ruang tamu bahkan kadang lari atau jalan pagi keliling-keliling, dan bila lari atau jalan pagi itu aku paling takut sama anjing karena di tempat ku masih banyak anjing berkeliaran. 


Selain itu pagi hari suka nemenin bapak ngambil ulat bulu di dinding depan rumah, aku juga heran kenapa banyak ulat bulu jaman aku kecil itu. Waktu udah mulai gede, aku gak pernah lagi liat ulat bulu nempel di dinding depan rumah. Bapak suka bilang kalo kena bulu ulat ini gatal dan panas rasanya, tapi syukur aku gak pernah ngerasain gatal kena bulu ulat bulu. 


Dan pagi hari juga sering nemenim bapak ngambil lipas tanah yang nyelip diantara batu-batu dengan tanah yang lembab (*lipas = kecoa), lipas tanah warnanya hitam dan gak ada sayap. Lipas tanah ini untuk makanan ikan peliharaan bapak. Aku sering gak berhasil kalo nangkap sendiri lipas tanah kecuali udah dikepung dulu (*dikepung = diblok = dijagain biar gak bs kemana-mana) atau udah dipegang bapak lalu kasih ke aku. **Maklum ya kadang aku bingung nge-Bahasa Indonesia-in bahasa yang biasa aku pake di tempat ku :D. 


Bila bangun tidur sering minta umbin (*umbin = digendong dibelakang) sampe depan pintu arah dapur atau sampe dapur. Maklum masih jadi anak satu-satunya B-).


Waktu kecil aku tuh paling sering jatuh, jalan dikit jatoh, lari-lari dikit jatoh, ntah kakiku yang lemah atau kaki ku belum bisa berjalan dengan sempurna. Bila aku jatuh bapak/ibu atau saudara gak ada yang bantuin aku berdiri, mereka malah sering bilang, “eh nangkap kodok”, “eh kodoknya lepas”, “ayo berdiri”, y walau nangis atau gak nangis pun ya mereka gak bantuin aku alhasil aku terpaksa berdiri sendiri y agak sakit sih. Bahkan gara-gara itu aku mikir orang tua ku ini gak sayang kali ya sama aku, kok aku jatoh gak dibantuin padahal ada anak kecil lain yang kalo jatoh cepet – cepet dibantuin berdiri. *Setelah dewasa aku baru paham ternyata saat itu mereka sedang mendidik aku, agar aku gak jadi orang yang malas, agar aku jadi orang yang mandiri, agar aku kuat. 


Mulai jaman SMP aku sudah mulai ikutan les dan ekstrakurikuler, kadang ditanya siapa aja temennya, rumahnya dimana, anak siapa. Kadang bila teman laki-laki atau perempuan yang maen ke rumah yang belum pernah bapak lihat atau juga yang jarang bapak lihat pasti nanya hal itu. Apalagi bila teman-teman ku yang laki-laki keliatannya agak sinis gitu (menurut pandanganku), baik ketemu di tempat les atau di tempat lain ataupun maen ke rumah. Bila habis main kemana pun aku sering ditanya macem-macem kadang aku merasa seperti diinterogasi sama bapak. Eiiitsss... tapi bila bapak sudah kenal yang datang itu sahabat ku ya biasa aja malah ramah kok. 


Bila les atau pramuka atau kegiatan lain dari sekolah ataupun hal lainnya, aku selalu diantar sama bapak atau ibu. Dan alhasil teman – teman pun suka bilang aku anak mama, kemana-mana selalu diantar. 


Aku baru diperbolehkan ngendarain motor itu sejak SMA, aku lupa kelas 1 atau kelas 2 diizinkan itu. Sebenarnya sih ibu udah dari SMP ngebolehin asal hati-hati, tapiiii…bapak baru ngebolehin saat SMA. Sebenarnya sahabatku dari SMP mau ngajarin ngendarian motor tapi karena aku gak diizinin bapak dia gak berani ngajarin aku. Teman – teman ku udah pada bawa motor sendiri dari kapan taun  eh aku baru belajar ngendarain motor, *kasian ya hiksss…


Walau aku udah bisa bawa motor sendiri, jangan pikir aku bisa kemana – mana sendiri, tentu tidak. Bapak/ibu masih sering ngantarin aku kemana – mana, bahkan bila bapak gak sempat ya bapak minta ibu nemenin aku kemana – mana  itu. Sering dalam hati dongkol sendiri, “aku tu udah gede, udah SMA kenapa dianterin trus, maluuu…” (walau aku gak pernah sama sekali ngomong gitu sama mereka). 


Saat aku SMA, bapak sering bilang aku itu harus jadi contoh buat adik – adik, istilahnya bila pisau harus jadi ujung yang tajam. Dan itu salah satu pesan yang selalu aku ingat. 


Bila aku di rumah apalagi saat mudik, bapak ngebangunin aku caranya diusap – usap kepala atau punggung ku. Walau aku udah segede ini pun masih suka diperlakukan seperti anak kecil kayak gitu, namun bedanya aku gak bisa umbinan lagi (*umbin = gendong di belakang).

Bila habis waktu mudik dan akan kembali kuliah atau kerja, aku sering lihat mata bapak berkaca-kaca sambil bilang “hati-hati disana, jaga diri, sholat 5 waktu jangan lupa”


Bila jauh saat ditelpon sering cerita tentang kami, tentang keluarga, tentang anak-anaknya saat kecil, atau lagi ngerjaian apa saat itu. Saat telpon - telponan juga bapak sering bilang “jaga diri, jaga kesehatan, hati – hati gak semua orang itu orang baik, jangan lupa sholat 5 waktu, jujur selama kerja sama orang”


Sekarang aku paham mengapa mereka begitu padaku, mereka terlalu menjaga aku. Bahkan aku bisa bilang bapak itu protektif sekali terhadap ku, dulu aku agak kesal dengan perlakuan seperti itu namun sekarang betapa aku sangat bersyukur memiliki mereka yang sangat sayaaaang padaku dan sangat menjaga ku. Belum tentu orang lain mengalami hal aku alami sewaktu kecil sampe sekarang.

*****
Tak lupa peluk cium dari jauh. Semoga aku bisa segera berdekatan kembali dan semoga aku bisa segera membahagiakan kalian. 


Semoga bila waktu kami hidup di dunia ini telah habis, ENGKAU kumpulkan kami dalam satu keluarga di surga, aamin ya rabbal’alamin.

@LiaKusumadjaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar