Senin, 02 September 2013

Cinema #AkulahJodohSejatimu



Akhirnya Hari H acara Cinema #AkulahJodohSejatimu berlangsung sesuai dengan jadwal yaitu 31 Agustus 2013 di Gedung SMESCO Lt.2 Pancoran. Ternyata sebelum pk. 8:00 WIB sudah banyak para penonton yang ngantri, antriannya tidak kalah dengan tayangan perdana di bioskop. 

Aku sudah memperoleh tiket untuk Cinema #AkulahJodohSejatimu ini sejak bulan Mei mendapatkan tiket VIP, alhamdulillah. Ini tiketku mana tiketmu huhuy…

Tiket #AkulahJodohSejatimu

Para penonton eh tepatnya dibilang para pencari ilmu ini yang sudah registrasi bisa langsung masuk ke ruangan acara ini dilaksanakan, setiap pencari ilmu yang sudah melakukan registrasi mendapatkan beberapa voucher yang dihari yang sama atau pada waktu yang ditentukan dapat menukarkan voucher tersebut. Dan sedikit informasi acara ini didukung oleh Dompet Dhuafa, Wardah Cosmetic, Hijab Fazia, dan beberapa lagi. Adapun penyelenggara/penggagas/pendukung acara ini adalah @JombloMulia yang biasa dipanggil Bang Jomi, @nb_legend, dan @3unsur serta @MenujuNikah dan beberapa lagi. Pembicara dalam acara ini yaitu Ust. Felix Siauw (@felixsiauw), Pak Indra Noveldy (@noveldy), dan dr. Andhyka Sedyawan (@AmazingMentor). 

Voucher #AkulahJodohSejatimu

Sambil menunggu, para pencari ilmu dapat melihat beberapa tweet dari para tweps melalui layar, seperti ini salah satu tweetnya. 

tweet #AkulahJodohSejatimu

Dan juga diperdengarkan beberapa lagu dan sssstttt...….


Eng ing eng…. 9:30 WIB ternyata video diputar dan setengah jalan pemutaran video distop sementara eh ternyata MC nya masuk dan ada kuis yaitu rumah terjauh dari Gedung SMESCO yang dimenangkan oleh akhwat dari Sulawesi Tengah ditunjukkan dengan KTP. Kuis kedua adalah KTP kadaluarsa dimenangkan oleh akhawat yaitu masa berlaku KTP adalah 2007, KTP ku juga kadaluarsa tapi gak jauh-jauh amat kok kadaluarsanya *versi jujur, :D. Lanjut lagi ke kuis ketiga yaitu HP terjelek dan ini dimenangkan oleh ikhwan dengan HP jadul yang tidak ada lagi tombol dan bila ingin mengetik atau menelfon menggunakan bolpoin. Ternyata jaman sekarang masih ada HP begitu ya, mungkin HP tersebut bagi sang ikhwan sangat memiliki sejarah dan kenangan yang tak mampu digantikan oleh HP yang lebih baik jaman sekarang. (*sok bikin alasan aku ini, xixixixixi…)

Dilanjutkan kembali pemutaran video dan stop sementara kembali karena giliran Ust. Felix Siauw yang bercuap-cuap.
Sang ustad mualaf ini wonderful sekali kata-katanya dan sering kali aku pribadi iri dengan beliau, walau beliau mualaf ilmu keislaman beliau sangat jauh lebih baik daripada aku. Kadang ada perasaan malu sendiri. 

Aku sedikit mencatat hasil cuap-cuap sang ustad satu ini diantaranya yaitu :
Bila menginginkan jodoh sejati tidak diperoleh dengan cara fun (alias pacaran).
Bila siap menikah siap tentukan tanggal pernikahan, bila pacaran ditanya tanggal pernikahan hmmm… Jangan tertipu dengan pacaran syariah yang banyak terjadi saat ini.
Bila kita ingin menikah harus dapat meyakinkan wali, baik wali pihak perempuan ataupun wali pihak laki2. Bila sudah dapat meyakinkan wali berarti anda lulus tahap pertama untuk menikah. Siapa yang tidak ingin calon pendamping hidup mapan, tampan/cantik, keturunan baik-baik, dan soleh/solehah. Baiknya letakkanlah nilai 1 untuk agama terlebih dahulu dibandingkan hal lainnya itu, dan letakkan lah nilai 0 untuk tampang, harta, keturunan. Anggaplah bila kita mendapatkan keturunan baik, tampang yang yang enak dilihat dan kemapanan adalah bonus. Tapi tidak ada salahnya untuk berharap hal yangdemikian. 

Baik agamanya ini bukan hanya mengerjakan sholat wajib 5 waktu sehari semalam,  bukan hanya puasa senin kamis, bukan hanya sholat sunnah yang dilakukan, bukan hanya bica baca al qur’an. Baik agama bermakna keyakinan dia terhadap Allah SWT, yakin dia berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. 

Bila laki-laki demikian menjadi seorang suami, suami tersebut yakin bahwa istri adalah amanah yang dari Allah. Suami seperti ini percaya Allah yang mengawasi dan menjaga mata, lisan, serta langkahnya. Mata istri punya keterbatasan untuk mengawasi suami setiap waktu. Begitu pula dengan perempuan yang baik iman (baik agamanya).

Untuk menilai laki-laki ataupun perempuan yang ingin dijadikan pendamping hidup dapat dilihat track record di masa lalu dan track record dengan orang sekitar dia.
Bila sudah tau track record yang bersangkutan dan dinilai cocok untuk jadi ibu atau ayah dari anak-anak silahkan dikhitbah. Khitbah adalah pengajuan misal “maukah jadi ibu dari anak-anak saya”, bila sudah diterima tentukan tanggal untuk menikah dan juga harus diketahui wali baik wali pihak laki-laki dan apalagi wali pihak perempuan. Bila disetujui maka dapat dilanjut ke tahap berikutnya yaitu ta’aruf. Ta’aruf adalah proses saling kenal mengenal pihak laki ke pihak perempuan begitu pula sebaliknya. Dalam ta’aruf didampingi ibu atau kedua orang tua, bisa juga ta’aruf ini dilakukan dengan cara bertukar surat dimana satu sama lain dapat bercerita detail tentang pribadi yang dirasa berguna untuk kehidupan bersama kelak dan tidak ada yang ditutup-tutupi dalam ta’aruf ini, misalnya sang perempuan suka sekali makan seafood sedangkan sang laki-laki alergi dengan makanan seafood

Pada proses saling kenal mengenal ini harus didampingi jangan seperti ta’aruf berdedok pacaran syariah. Ta’aruf tidak ada jangka waktu tertentu namun sekitar 3 – 6 bulan adalah waktu ta’aruf. Bila berlama-lama dikhawatirkan sudah ada bisikan yang tidak baik antara satu atau kedua belah pihak. Bila yang ingin menikah karena rasa cinta dengan Allah maka tidak perlu berlama-lama untuk ta’aruf, karena dasar cintanya satu yaitu Allah dan tujuannya satu yaitu Allah juga. 

Siapkan diri dulu baru ta’aruf atau ta’aruf dulu baru siapkan diri????
Jawabannya adalah siapkan diri dulu baru ta’aruf. 

Bila laki-laki siapkan diri seperti ayah, pekerjaan ayah diantaranya memastikan setiap orang dalam rumah tersebut dapat makan, memastikan setiap orang dalam rumah tersebut aman dalam rumah yang ditempati, dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya seperti membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Bila perempuan siapkan diri seperti ibu, pekerjaan ibu diataranya dapat membedakan lengkuas dengan kencur, bisa bantu gendong adik-adik, bisa membersihkan rumah, tau kewajiban istri dan kewajiban suami. 

Intinya bila perempuan dan laki-laki “jangan buat calon anda susah karena anda”. 

Untuk istri, jadilah istri yang penyayang (penuh kelembutan), istri yang banyak anak (walau ada beberapa orang yang diberi cobaan dengan sulitnya keturunan), yang banyak member manfaat (bila ditinggal merindukan, bila dekat menyenangkan, bila disakiti/menyakiti suami tidak bisa tidur. 

Untuk suami, bimbinglah menuju syurga Allah. 

Satu kata-kata yang tidak/kurang disukai suami adalah “terserah”. 

“Mau makan apa”
“Terserah”
“Makan ayam aja ya”
“Makan ayam bosen”
“Trus mau makan apa”
“Terserah”
“Makan ikan ya”
“Gak mau, makan ikan amis”
“Jadi kalau begitu, mau makan apa”
“Terserah”

Bila suami bertanya tentang hal yang setara seperti diatas, jangan bilang terserah karena bila suami bertanya hal demikian berarti dia ingin dapat memenuhi permintaan sang istri. Oleh karena bila suami dapat memenuhi permintaan sang istri, sang suami merasa dirinya sangat puas dan sangat berarti. 

Note terakhir  dari Ustad Felix : Segera pantaskan diri. Contoh bila perempuan sudah hafal alqur’an, karena hafal alqur’an walau belum 30 juz adalah salah satu bekal untuk diajarkan kepada anak-anak nanti, belajar menjadi ibu yang baik seperti apa untuk anak-anak nanti. Contoh bila laki-laki, laki-laki yang sangat mengagumi Rasul, Rasul adalah seorang suami yang halus dan lembut kata-katanya, bila berdekatan mententramkan, yang sayang dengan anak kecil. 

Dan pembicara pertama usai sudah, sangat penuh manfaat sekali (*versi kelebihan kata*) yang dibawakan Ustad Felix. Namun sayang sekali tidak ada sesi tanya jawab. 

Selanjutnya video lanjutannya diputar kembali, eng ing eng.. selamat menonton. 

Dan video ini distop sementara lagi karena pembicara ke-dua yang akan mengisi acara #AkulahJodohSejatimu yaitu Bapak Indra Noveldy.

Sedikit kesimpulan cuap-cuap Pak Noveldy nih yaitu :
90% kualitas pernikahan ditentukan juga dengan kualitas orang tua, masa kecil dengan orang tua.
Jangan anggap remeh masa kecil, karena sangat ada kaitan untuk pernikahan kelak. Misalnya, pertengkaran orang tua, orang tua yang sibuk kerja aja.
Coba cek sehari-hari dengan sikap atau sifat orang tua, pasti ada sifat atau sikap kita yang sama dengan orang tua. 

Dijabarkan tentang beberapa orang yang hasil konsultasi dengan Pak Noveldy, ettsss tapi tetap semua data dirahasiakan kok oleh Pak Noveldy. B-)

Kualitas pernikah orang tua merupakan track record untuk pernikahan kelak, bisa terulang ke pernikahan kelak.
Sayangnya sekarang taat beribadah berbeda dengan akhlak baik. Jadi, jangan tertipu dengan casing misalkan sholat 5 waktu sehari semalam rajin tapi akhlak sehari-harinya jauh dari baik (misal : kata-kata yang dilontarkan kasar, sering meremehkan orang lain). 

Cari orang yang bisa memberikan informasi yang benar, cari tau akhlak yang bersangkutan kepada orang tuanya, cari mentor yang sudah tau/mengenal pribadi yang bersangkutan kurang lebih 6 bulan atau 1 tahun.
Cek dahulu alasan menikah karena apa. Alasan nikah muda karena apa, apa karena ingin secepatnya keluar dari rumah (contoh), nanti bila ada masalah dalam pernikahan maka alasan nikah muda ini ketahuan. 

Jangan anggap remah apa yang dirasakan kepada orang tua sekarang. Tanpa sadar kadang kesal atau marah atau dongkol dengan orang tua lalu dilimpahkan kepada pasangan.
Saat ini KDRT bukan hanya dilakukan oleh pria namun bisa dilakukan perempuan yaitu melalui lisan. 88% pikiran ini dalam alam bawah sadar sudah terekam, sisanya logika. Hati-hati dengan siapa anda bergaul. 

Bila terlanjur memiliki keluarga yang kurang atau tidak ideal, maka pilih ratapi atau hadapi. Kadang ada pikiran yang agak mengganggu, misal : mau nikah trus siapa yang jagain orang tua siapa. 

!!!! Test untuk para pencari ilmu : ucapkan sayang kepada orang tua dan peluk hangat orang tua.

Belajar mengerti mengapa orang tua berperilaku atau bersikap seperti itu demikian, terima, syukuri bahwa hari ini bisa sadar ada pilihan untuk move on, belajar memaafkan orang tua. Coba untuk ngobrol langsung atau ngobrol virtual dengan orang tua. Setelah buang beban hidup lanjutkan hidup.
Benerin dan perbaiki sekarang mumpung belum nikah. 

Dan video berlanjut lagi, eeeh  tiba-tiba muncul pria berjaket dan bertopeng seperti dalam video tersebut dan ternyata jreng jreng… itu adalah pembicara ketiga yaitu Dokter Andhyka. Berdasarkan informasi dari yang bersangkutan, beliau adalah orang Sunda dan dulu kuliah di UNPAD Jatinangor.

Kata pembuka dari sang dokter, “Di Lt.dasar ada jobsfair ya, dan di Lt.2 ini sedang ada jodbest alias jodoh is the best”

Beberapa kesimpulan dari speak-speak sang dokter adalah
Merendahkan diri di hadapan Allah, insyaAllah jodoh segera datang. Tampan/cantik itu kan relatif namun jelek adalah mutlak :D. Pantaskan diri yang dipercaya orang tua untuk menikah.
 
Dokter ini juga menceritakan tentang pemuda yang dulunya begajulan dan hobinya pacaran, eh saat kuliah dia mendapat hidayah #UdahPutusinAja lalu memantaskan diri dan menikah dengan seorang perempuan tanpa pacaran sebelumnya. 

Calon mertua harus melihat kepantasan diri kita baru dapat menyetujui dan merestui pernikahan kita. Cek kesehatan juga penting bila sebelum menikah baik laki-laki ataupun perempuan. Keromantisan dalam pernikahan itu diciptakan dan dibangun. 

Perlu diketahui dan dipelajari juga bahwa komunikasi antara laki-laki dan perempuan itu berbeda. Perempuan itu cemburuan, multitasking (dapat mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu, contoh kasus diantaranya dapat tweeteran sambil facebookan sambil BBMan sambil mendengar obrolan sang suami), GPS-nya rada-rada oon (contoh kasus diantaranya lupaan bila parkir mobil), pikirannya pendek, suka shopping. Bedanya dengan laki-laki, laki-laki itu singletasking (tidak dapat mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu, contoh kasus diantaranya sedang tweeteran bila dipanggil istri gak nengok ataupun gak bisa melakukan yang istri minta saat sambil tweeteran), gak ada pikirannya, pikirannya sex (bedanya antara satu orang dengan orang lain adalah iman dalam diri orang tersebut yang dapat membentengi diri). 

Suami yang amazing adalah yang dapat mendengarkan (gundah, kesal, curhat) sang istri. Dan istri amazing adalah yang dapat menghabiskan pendapatan suami (*setuju banget dengan kalimat satu ini, upssss…keceplosan deh, xixixi…).

Berdasarkan penelitian dokter, setiap hari kemampuan pria mengeluarkan kata-kata adalah 7rb – 9rb kata. Sedangkan kemampuan perempuan mengeluarkan kata-kata per hari adalah 15rb – 20rb kata. WAW…..mencengangkan, pantesan perempuan itu banyak ngoceh alias banyak omong alias bawel ya, hehehehe…. 

Penting..!!! agar dapat mengetahui dan mengerti cara komunikasi antara laki-laki dan perempuan. 

Bila belum direstui orang tua, maka perbaiki komunikasi dan buktikan.
Ada pesan dari sang dokter untuk para pencari ilmu di ruangan adalah mulai keluar dari ruangan ini niatkan untuk belajar tentang pernikahan dan jodoh, gali ilmu sebanyak-banyaknya.
Niatkan juga untuk berlimpah baik dalam hal kesehatan, harta, keuangan, jodoh. Keajaiban itu dapat diciptakan  caranya jadilah atau bukalah pintu rezeki orang lain. Contohnya bila membayar sesuatu maka dilebihkan, mana mungkin orang yang mendapatkan uang lebih dari anda tidak mendoakan anda. Maka bila sudah membuka atau menjadi pintu rezeki bagi orang lain maka bisa mendapatkan rezeki dari pintu yang gak diduka.

Sungguh aku tak menyangka ternyata ada ya “dokter” kocak dan “gila” seperti itu, maklum pengalaman bertemu dengan dokter satu ini, *ngocok perut. Lebih cocok jadi pelawak sepertinya dokter satu ini, dan kalau jadi dokter pun sepertinya pasien tidak perlu obat alias cukup dengan tingkah dan kata-kata beliau aja *piiiss dok :D.
Dan berlanjut ke penayangan video kembali dan ternyata gak berapa lama berakhir video tersebut. Memasuki waktu ISOMA alias istirahat sholat dan makan siang B-). 

---------------------------------------------------

Selanjutnya acara berlanjut lagi sekitar pk. 14:30 WIB, ada penampilan dari @Kang_Abay dengan judul “Jomblo Mulia” dan berlanjut ke Pak Noveldy dengan memperkenalkan Sekolah Pernikahan (www.sekolahpernikahan.com) dimana di website ini dapat memberikan manfaat bagi yang belum menikah, akan menikah, sudah menikah, dan yang sedang diuji dalam pernikahannya. Cara untuk menjadi member di Sekolah Pernikahan ini cukup mudah hanya mengisi data saja tanpa biaya lalu dapat melihat dan memposting dalam website ini. Dan pada website ini dilarang untuk memposting ataupun memberikan komentar negatif. Kebetulan aku sudah jadi member di Sekolah Pernikahan, *pamer pamer pamer :D.

Lalu ada penghulu @MrPenghulu dan sedikit cuap-cuap dari sang pengulu mengenai pernikahan. Ada juga pengumpulan CV para pencari jodoh, ternyata lumayan banyak yang ngumpulin CV ya, dan aku juga termasuk ngumpulin :D *rame-rame ini ngumpulin CV-nya jadi gak malu sendiri la*. Acara terakhir pesan dari Dokter Andhyka, menikahkan atau mencomblangkan orang lain untuk menikah maka dijanjikan dibangunkan istana di surga, daaaan..acara ini ditutup dengan Dokter Andrian yang lelang jaket kesayangan sang istri. 

Bubar semuanya teng teng teng…pk. 16:30 WIB.

Sekian sedikit hasil cuap-cuap dan pengalaman di Cinema #AkulahJodohSejatimu, semoga bermanfaat bagi aku dan bagi pencari ilmu yang lain ^____^, makasih semua penggagas, panitia, pendonatur, pembicaran dan pihak yang terkait atas wonderful nya Cinema #AkulahJodohSejatimu ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar