Senin, 15 Oktober 2012

Donor Darah


setetes darah


Hari ini di gedung bank Kaltim mengadakan acara donor darah, kebetulan satu gedung dengan bank Kaltim jadi tau, :). Sebenernya pengen ikut mendonorkan darah tapi agak takut :D, hehe... dan juga ada alasan lain juga yang tidak bisa aku ceritakan saat ini.
Darah pendonor yang diambil sekitar 350 ml - 450 ml, jadi jangan khawatir akan kehilangan darah dengan mendonorkan darah.
 
Syarat teknis menjadi pendonor sebenarnya tidak terlalu susah yaitu dalam keadaan sehat, berusia antara 17 - 60 tahun dan berat badan minimal 45 kilogram, suhu tubuh sekitar 36,6 – 37,5 derajat Celcius, denyut nadi teratur sekitar 50 - 100 kali per menit, kadar hemoglobin perempuan minimal 12 gram dan tidak sedang menstruasi, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram, tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg.
 
Hmmm...Ngomong-ngomong mengenai donor darah, ternyata donor darah itu sangat bermanfaat selain bermanfaat bagi kemanusiaan.

Manfaat-manfaat donor darah yaitu :
1. Menjaga kesehatan jantung
Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Jika rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Jika rutin melakukan donor darah, bisa mengurangi resiko panyakit jantung hingga 30%.

kesehatan jantung











2. Stimulus pembuatan darah baru
Darah yang telah hilang akan dipasok kembali dengan darah baru karena akan segera terisi kembali oleh sumsum tulang belakang. 

darah










3. Membantu  penurunan berat tubuh
Menjadi pendonor merupakan salah satu metode diet yang ampuh. 

berat badan













4. Mendapatkan kesehatan psikologis
Sebuah penelitian mengungkapkan, orang lanjut usia yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. Hal ini dikarenakan orang lanjut usia merasakan dapat menjadi orang yang berguna bagi orang lain sehingga mendonorkan darah akan memberikan kepuasaan psikologis. Jadi jika anda ingin tetap segar dan tampil lebih awet muda donor darah lah secara rutin.

5. Mendeteksi penyakit serius
Setiap kali ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, malaria dan lain-lain. Bagi pendonor ini adalah rambu peringatan yang baik agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan sendiri. 

(diambil dari berbagai sumber)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar